Budaya Indonesia diklaim oleh Malaysia

Sudah banyak budaya kita yang diklaim oleh Malaysia, misalnya bamboo malay yang ternyata sangat mirip dengan angklung, klaim lagu Rasa Sayange rakyat Maluku, Lagu jali-jali, Batik, bahkan kata-kata “cape deh…!” bisa diklaim Malaysia sebagai bahasa gaulnya…

Sebenarnya yang mau saya bahas adalah masalah utamanya. Banyak orang bilang bahwa Indonesia dinilai terlambat untuk mengklaim budayanya, sehingga hak cipta suatu budaya di Indonesia masih belum jelas. Walaupun sekarang Indonesia mulai tergerak pada hal itu, namun budaya Indonesia sudah banyak yang diklaim oleh Malaysia.

<–Batik Malaysia      <–Batik Indonesia

Tidak terlalu beda jauh kan ‘basic’nya??? Artinya, Gambar Batik yang dibawah Malaysia-pun dapat/sudah diklaim sebagai Batik Malaysia, bukan Indonesia (walaupun Indonesia yang membuatnya)…

Ini salah satu contoh lagu Rasa Sayange yang diklaim Malaysia sebagai lagu daerahnya :

http://www.youtube.com/watch?v=_J-WPdBSS6c

Baru-baru ini, saya juga mendengar bahwa Wayang Kulit sudah diklaim oleh Malaysia. Tapi hal ini masih merupakan kontroversi, karena asal mula Wayang Kulit masih belum jelas, entah dari Malaysia atau Indonesia. Tapi setahu saya, yang namanya Wayang Kulit adalah budaya asli Indonesia.

Ayo, jangan mau ketinggalan dengan budaya Malaysia. Mari, kita klaim semua barang, lagu, benda, hasil karya, dll., bahkan kata-kata “cape deh…!” sebagai budaya Indonesia!

Apabila sudah ada klaim tersebut, maka negara lain tidak boleh mengambil/mengklaim/mengakui budaya tersebut adalah budaya negaranya. Tidak boleh bukan berarti tidak bisa, namun mereka tidak mau melanggar Undang-undang, kan…..?

Saya membuat artikel ini  bukan untuk menjelek-jelekan kedua negara (Indonesia-Malaysia), namun saya berharap agar Indoensia mempercepat klaim budayanya…

Komentar mengandung kata-kata hinaan/ejekan/kata-kata kotor lainnya, akan dianggap spam.

About these ads

19 thoughts on “Budaya Indonesia diklaim oleh Malaysia

  1. kalo wayang mereka sudah klaim.
    trus batik juga sudah.
    dibeberapa negara asia tenggara batik dan wayang terkenal sebagai budaya lokal mereka.

    mengenal lagu, sudah koq, ternyata malaysia akhirnya ngaku itu lagu indonesia punya.

  2. waduh, waduh, waduh, bisa gawat nih kalo semua diklaim sama malaysia. udah pulau, bahasa, n budaya.. apa malaysia segitu desperatenya kekurangan budaya sampe harus ‘nyolong’ punya orang? truly asia, really? setau saya budaya timur bukan nyolong2an deh..capee deh..upps bisa2 kena klaim juga nih, hehe..

  3. yah gimana ya la wong generasi indonesia tu yo isin ma budaya sendiri. malah dibilang katrok. jadi pantas lok diambil org lain. jadi untuk itu semua generasi penerus indonesia harus mencintai dulu budayanya baru boleh ngomong.

  4. bs dibilang bukan Indonesia yg tlat untk mengklaim..
    sebenarny Indonesia lebih maju drpd Malay.
    sy prnah tgl 6 bulan di malay.Dan anda boleh prcy ato tidak..
    org malay sangat suka dg artis indonesia,terutama para pemain sinetron indonesia..
    dan sinetron2 yg ditayangkan di malay adl sinetron2 JADUL..yg sudah lm skali ditayangkn di Indo..
    so..kalo malay mengklaim kata2 Cinta Laura,it’s Ok, it namany kita terkenal skali disn..
    kalo org malay blg..
    u famous y….
    hahaha..

  5. batull!!!!!!
    karna kalau tidak, bahkan penduduk indonesia pun nanti diclaim malaysia jadi tenakernya semua, so pemerinth kita harus tgas.MerDEKKA!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s