Gempa NTT, 26 November 2007

Isi seluruhnya dikutip dari kompas

          Gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) yang terjadi Senin (26/11) di perairan laut Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan belasan lainnya dirawat.

          Wakil Ketua I Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Alam (Satlak PBA) Kabupaten Dompu, Letkol Inf Kusdiro ketika dihubungi dari Mataram, Senin pagi mengatakan, selain korban meninggal dunia dan 18 lainnnya dirawat di RSU Dompu, kini Satlak PBA Dompu tengah mendata bangunan yang rusak dan kemungkinan korban lainnya.

          Berdasarkan data sementara kerusakan tercatat belasan rumah rusak berat dan ringan terutama yang berlokasi di Kecamatan Kilo atau 60 kilometer dari Dompu.

          Sementara korban yakni seorang diantaranya adalah balita yang meninggal pada gempa pertama dan satu lainnya dewasa pada gempa kedua, mereka warga Kecamatan Kilo, Dompu yang kebetulan lokasinya berada dekat laut dan pusat gempa. “Dari 18 rumah yang mengalami kerusakan tersebut, beberapa diantaranya roboh,” kata Kusdiro yang juga Dandim Dompu.

          Berdasarkan keterangan dari Stasiun Meteorologi Bandara Selaparang Mataram, pada malam itu terjadi empat kali gempa, pertama pada pukul 00.02 Wita dengan kekuatan 6,7 SR pusat gempa laut Dompu pada kedalaman 50 kilometer.

          Gempa kedua terjadi pada pukul 00.52 Wita dengan kekuatan 4,9 SR pada kedalaman 66 kilometer Selatan Dompu, disusul gempa ketiga pada pukul 01.15 Wita kekuatan 5 SR pada kedalaman 50 kilometer posisi 44 kilometer laut Dompu. Terakhir guncangan gempa terjadi pada pukul 03.53 Wita dengan kekuatan paling besar yakni 6,8 SR dengan posisi 48 kilometer barat laut Dompu dengan pusat dikedalaman 15 kilometer dasar laut.

          Gempa terakhir tersebut dilaporkan berpotensi tsunami dan telah disampaikan peringatan dini melalui seluruh stasiun siaran televisi, namun hingga kini informasi tidak sampai terjadi tsunami.

4 thoughts on “Gempa NTT, 26 November 2007

  1. Wakakakaka…. masa gara nulis blog sampe gk ke sekolah sehh parahhh… hehehhe

    salam hangat dari orang Dompu

    -Furkan-
    – Ketika Rasa Tak Dapat Di Ungkap Dengan Kata ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s