3G dan 3,5G (HSDPA) di Indonesia

Persaingan bisnis telekomunikasi sekarang makin ketat dengan hadirnya 3G dan 3,5G HSDPA di Indonesia. Semua operator handphone sekarang semakin gencar memperluas jaringan 3Gnya.

Sebut sajalah, Telkomsel. Cakupan/Coverage 3Gnya adalah yang terluas di Indonesia (sampai Desember 2007). Sementara cakupan coverage 3,5G yang terluas di Indonesia saya kira adalah Indosat. Lihat saja, hampir seluruh BTS 3G Indosat sudah diganti ke 3,5G.

Secara teori, kecepatan tertinggi yang mungkin dilakukan oleh 3G adalah, download : 384Kbps, upload : 64Kbps. Kecepatan ini bukan kecepatan asli. Jadi, mungkin saja anda mendapatkan kecepatan di bawah 384Kbps…

Dan untuk 3,5G, secara teori mampu hingga 3,6 Mbps untuk download. Sekali lagi, ini hanya kecepatan teori.

Mengapa pengembangan 3G atau 3,5G di Indonesia, sedikit lambat?

Alasan utamanya adalah jarak pancar BTS 3G & 3,5G. Jarak pancar BTS 3G & 3,5G tidak sekuat GSM. Kalau 1 BTS GSM (2G) mampu mencakup 15km lebih, tapi 1 BTS 3G &3 ,5G, hanya dapat mencakup kurang lebih 3km. Ini disebabkan karena GSM memiliki frekuensi radio yang lebih kecil daripada 3G&3,5G.

Secara fisika, hal tersebut dapat dikatakan benar. Semakin tinggi sebuah frekuensi, maka jarak pancarnya dengan daya yg sama akan semakin pendek…

Kesimpulannya, para operator 3G harus membangun lebih banyak BTS lagi agar jaringannya tetap kuat.

Rekomendasi

Untuk rekomendasi, itu kembali lagi kepada anda. Saya hanya memberi arahan saja.

Untuk 3,5G, Indosat lah yang paling gencar. Hampir seluruh Jakarta tercover 3,5G. Lihat petanya di : http://www.indosatm2.com/maps/ .

Untuk 3G, menurut saya Telkom Flash lah yang paling luas. Hampir seluruh Jakarta tercover 3G, lihat petanya di http://www.telkomsel.com/web/cakupan.

Untuk XL, mungkin saya tidak dapat berkomentar banyak, karena jaringan 3,5Gnya masih belum terlalu jelas di Jakarta. http://www.xl.co.id/3G/Data_Card_XL/Cakupan_3G_HSDPA_XL/

Untuk 3G LippoTel dan “3 (HCPT)”, saya masih belum mendapat infonya.

Pengalaman saya

Saya adalah pengguna Indosat M2. Dan saya pernah merasakan 3,5G-nya Indosat. Untuk saya, 3,5G indosat adalah yang paling wah dari operator yang lain. Kecepatan rata-ratanya mencapai 2000kbps-an pada sinyal penuh. Kecepatan ini saya lakukan di 3 tempat yang berbeda, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Bali….

3 thoughts on “3G dan 3,5G (HSDPA) di Indonesia

  1. Salam,

    Wah artikel menarik neh, apa anda punya info tentang penggunaan internal hsdpa di laptop juga???

  2. bagaimana jika ponsel yg support hsdpa tapi berada di area yg cakupannya 3G? apakah kecepatannya menjadi 3G atau malah menjadi GPRS? (sangat memerlukan jawaban)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s