Pemerintah TERPAKSA menaikkan harga BBM

https://i1.wp.com/www.portalmorski.pl/data/resources/Image/inne/pertamina.jpg
Ketika minyak dunia sudah menyentuh angka $120/barrel di New York, tidak ada opini lain untuk pemerintah selain mengurangi subsidi BBM. Langkah ini harus diambil guna menutupi defisit negara dan mengurangi subsidi BBM yang terlampau bengkak.

Dalam melaksanakan langkah ini, pemerintah merasa lebih sulit ketimbang situasi di tahun 2005 saat menaikan BBM. Ini adalah situasi yang lebih mendesak. Kalau pemerintah tidak menaikkan harga BBM sekarang juga, maka dampaknya akan dirasakan di tahun-tahun berikutnya.

Sepekan yang lalu, pemerintah melakukan diskusi dengan fraksi-fraksi DPR agar membolehkan keputusan pemerintah menaikkan harga BBM. Ada usulan untuk menaikkan harga Premium menjadi Rp 6500 per liter, minyak tanah Rp 2500 per liter, dan solar Rp 5000 per liter. Ini masih bersifat usulan, jadi belum resmi.

Di balik ini semua, ada dampak yang amat sangat berbahaya untuk Indonesia. Apabila harga BBM naik, diperkirakan pertubuhan ekonomi anjlok, kemiskinan dan pengangguran meningkat hingga 20%, dan kurs melemah. Ini tentu saja bukan hawa dingin buat rakyat indonesia…

One thought on “Pemerintah TERPAKSA menaikkan harga BBM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s