Siapa saingan berat Windows Vista?

WINDOWS XP!!! Kompetitor Vista sebenarnya bukan Apple, Red Hat, atau Novell, tapi justru dari microsoft sendiri! Mengapa kakak adik bisa berkompetitor begitu?

Begini, Menurut Benjamin Gray, analis di Forrester Research Inc., sebanyak 32% dari perusahaan yang mereka survei menyatakan akan mengembangkan Vista menjelang akhir tahun depan. Masalahnya bukan terletak pada angka 32%-nya, namun pada keberhasilan perusahaan menstandarisasi Windows XP.

Windows XP masih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia, terutama Amerika.  Sebanyak 84% PC (komputer) perusahaan saat ini menggunakan sistem operasi Windows XP, dari 67% tahun lalu. Survei tersebut melibatkan hampir 600 perusahaan di Amerika Serikat dan Eropa, yang memiliki lebih dari 1.000 orang karyawan.

“Ada banyak sekali perusahaan yang menanti-nanti XP SP3,” kata Gray. Terlebih, masih menurut Gray, Microsoft akan segera mengedarkan XP SP3 ke pasaran pada kuartal pertama 2008. Dan menurut laporan, sistem operasi tersebut akan menjadi Service Pack terakhir Windows XP.
“Saingan terbesar Vista bukanlah Apple, Novell atau Red Hat; tapi justru Microsoft sendiri yaitu XP,” papar Gray lagi

Masalah Utama

Windows Vista memerlukan spesifikasi komputer yang sangat tinggi, sehingga itu berdampak kepada harga komputernya. Untuk di Indonesia, Windows Vista dapat berjalan pada komputer dengan harga (rata-rata) Rp 5.000.000 ke atas (tidak termasuk printer, Joystick, Gamewheel, dan tambahan lainnya) . Itupun juga masih “capable” atau sebatas dapat berjalan saja.

Agar Windows Vista berjalan dengan maksimal (dan tampilan Aeronya dapat bekerja), dibutuhkan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. Harga rata-ratanya pun relatif mahal, kurang lebih Rp 9.000.000 ke atas.

Hampir sepertiga perusahaan yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan mengembangkan Vista menjelang akhir tahun 2008, sementara 17% mengatakan akan memulainya pada 2009 atau 2010.

Menilik ke hasil survei Mei 2006, sebanyak 40% perusahaan mengatakan bahwa mereka berencana mengembangkan Vista dalam setahun sejak Vista dikeluarkan. “Dari 40% yang merencanakannya, namun menjelang akhir tahun 2007, hanya 7% yang melakukannya,” tukas Gray.

Komaptibilitas

“Ketidakkompatibelan aplikasi merupakan masalah besar, bikin pusing,” kata Gray menyebutkan laporan dari perusahaan-perusahaan yang tengah bersiap migrasi ke Vista. Menurut perusahaan, aplikasi yang tidak kompatibel dengan Vista berkisar antara 10% hingga 40% dari portofolio software mereka. “Hal ini menyebabkan banyak toko yang menjual XP memilih mengambil pendekatan wait-and-see terhadap Vista,” tegas Gray.

Itulah mengapa Vista tidak terlalu diminati ketimbang XP….

Sumber : Andhika’s Blog.

kupastuntas

kupastuntas@hotmail.com

8 thoughts on “Siapa saingan berat Windows Vista?

  1. Bagi teman2 g usah ribet make windows………….bikin pisieng aja..
    ———————————–
    kl mau yang gampang and support all make aja distro linux versi mandriva 2009
    ——————————–
    itu aja ko repot……………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s